Senin, 06 Oktober 2014

Faktor Pemicu Terjadinya Bayi Kembar Dan Perbedaanya

FAKTOR PEMICU TERJADINYA BAYI KEMBAR

  • Bangsa: Terjadinya kehamilan ganda beberapa bangsa cenderung lebih tinggi, terutama pada bangsa dengan wanita berkulit hitam.
  • Umur: Semakin tinggi umur wanita, maka akan semakin mengalami kehamilan ganda. Resiko kehamilan ganda akan menurun, setelah wanita berumur 40 tahun.
  • Paritas ibu: Paritas adalah frekuensi seorang wanita melahirkan. Semakin tinggi frekuensi melahirkan maka seorang wanita akan semakin tinggi mendapatkan kehamilan kembar.
  • Obat-obatan perangsang ovulasi (protertil, clomid dan harmon gonadotropin) dapat memicu terjadinya kehamilan kembar dizigotik (kehamilan dua janin berasal dari dua telur) bahkan kembar lebih dari dua janin.
  • Faktor keturunan bayi kembar akan lebih tinggi terjadi pada ibu yang kembar dibandingkan oleh ayah yang kembar.
  • Faktor-faktor lain Penyebab Kehamilan Kembar, seperti fertilisasi invitro (pembuahan yang di tanam langsung dalam rahim). Cara pembuahan ini bahkan dapat menghasilkan anak sampai kembar tiga.
Pertumbuhan Janin pada kehamilan ganda monozigotik (dua janin berasal dari satu telur), biasanya akan mengalami pembuluh darah janin yang satu mempunyai suatu penghubung dengan pembuluh darah janin yang lain. Hal ini akan meningkatkan resiko terganggunya pertumbuhan kedua janin. Bahkan satu kemungkinan terburuk, satu janin meninggal didalam rahim bisa terjadi. 





KEMBAR IDENTIK DAN KEMBAR BERSAUDARA
  • Kembar Identik
Kembar identik terjadi jika satu sel telur dibuahi satu sel sperma dan membelah menjadi dua. Dua embrio yang dihasilkan ini selalu berjenis kelamin sama dan identik. Keduanya mengandung materi genetik yang sama sehingga disebut sebagai monozigot.
Pada kembar identik, si janin kembar akan berbagi plasenta tapi mempunyai tali pusat dan umumnya kantung ketuban yang berbeda. Resiko kematian sangat besar bagi kembar identik, karenanya sang ibu harus rajin ke dokter untuk memonitor bayinya 


  • Kembar Bersaudara
Sedangkan kembar tidak identik berasal dari dua sel telur berbeda yang dibuahi dua sel sperma secara bersamaan menjadi dua embrio yang kemudian tertanam dan berkembang. Si kembar bisa berbeda rupa dan mungkin juga berbeda jenis kelaminnya. Kembar tidak identik mempunyai plasenta, tali pusat, dan kantung ketuban yang berbeda.

Perbedaan bayi kembar identik dan bersaudara

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar