Selasa, 24 Maret 2015

Lari Pagi

Lari Pagi

manfaat lari pagi 

Lari pagi adalah olah raga yang paling murah dan mudah dibandingkan dengan olah raga lain yang membutuhkan fasilitas khusus. Dikatakan murah karena kita tidak perlu menyediakan alat khusus untuk lari pagi. Meskipun murah, jangan meremehkan manfaat dari olahraga yang satu ini, lari pagi memiliki banyak manfaat yang membuat tubuh kita lebih bugar. Ingin tahu manfaat-manfaat lari pagi? Berikut ini ulasannya :

 
 Kesehatan tubuh
 Ada banyak sekali manfaat lari pagi, salah satunya membakar banyak lemak, jadi olah raga ini bisa kita jadikan salah satu program diet sehat, karena berat badan akan berkurang secara alami. Selain itu olah raga murah ini juga bisa memperbesar otot dan untuk menghilangkan stress. Bahkan lari pagi juga bisa membuat jantung kita lebih kuat dari sebelumnya. Bukan hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi manfaat lari pagi juga akan berpengaruh pada sistem pernafasan kita, karena pada pagi hari udara masih bersih dan belum banyak mengandung polusi, sehingga kita akan merasa segar saat melakukan pekerjaan sepanjang hari.

 Rute yang disarankan
 Kendala kita saat lari pagi adalah rasa bosan, untuk mengatasi hal tersebut kita bisa membawa pemutar musik seperti MP3 player saat berlari untuk mengusir kebosanan. Bisa juga dengan mengajak teman atau keluarga untuk besama-sama lari pagi, sehingga kita tidak akan merasa bosan. Selain itu, kita juga harus bisa mencari rute yang menyenangkan untuk melakukan olah raga ini, contohnya seperti lingkungan kampus UI atau tempat-tempat yang masih alami karena di tempat tersebut, udara akan lebih bersih ketimbang di pusat kota. Apabila kita tinggal di lingkungan kompleks perumahan, kita dapat mencoba rute mengelilingi kompleks ataupun melewati kompleks perumahan lain untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Jangan lupa membawa sebotol air putih untuk menjaga cairan tubuh kita ketika melakukan aktivitas lari pagi.

 Tips untuk lari pagi
 Agar kita nyaman dan aman saat berolah raga, kita harus mengenakan perlengkapan yang juga nyaman untuk digunakan. Pilihlah sepatu yang pas dengan ukuran kaki kita. Jika tidak cocok, mungkin akan terasa tidak nyaman saat berlari, atau bahkan menyebabkan lecet pada jari kaki. Selain itu pakaian yang kita gunakan juga harus sesuai, pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat serta mengenakan kaos dan celana yang dikhususkan untuk berolahraga. Agar tidak mudah lelah, atur nafas kita dengan cara buat hitungan 1-4, pada hitungan 1-3 tarik nafas dan saat ke 4 hembuskan. Meskipun sepele trik ini akan mempermudah kita mendapatkan manfaat lari pagi. Untuk menambah motivasi kita agar tidak malas untuk berlari, buatlah target pencapaian. Misalnya, anda menginginkan berat badan turun hingga 65 kilogram maka kita harus menjalankan lari pagi hingga target berat badan tersebut tercapai. Jika kita sudah mencapai target pencapaian tersebut, kita harus membuat target pencapaian lainnya agar terus semangat untuk lari pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar